Friday, October 08, 2010

Google DevFest 2010, The First DevFest in Indonesia




Hari ini, tanggal 8 oktober 2010, Google DevFest pertama kalinya diadakan di Indonesia. Dan yang lebih beruntungnya lagi diadainnya di kampus (sepertinya) tercinta, Bina Nusantara, yang tentu saja, GRATISSS...!!! 

Google DevFest2010 @BiNus University
Proses buat ikut acara ini juga ga gampang, begitu kita register kita belum tentu bisa langsung tinggal gampang aja ikut pada hari “H”, tapi harus menunggu email konfirmasi dari google. Gw sendiri H-2 baru dapat konfirmasinya. Selain karena keterbatasan tempat, karena tentu saja acara seperti ini banyak sekali peminatnya dari semwa kalangan, sepertinya ada pertimbangan tertentu dari google dalam menyeleksi peserta yang bisa ikut acara ini, ntah apa pun itu.

Pada dasarnya sih acara ini ditujukan buat para praktisi IT, which is programmer and their kinds, materi-materi seperti android, chrome extension, HTML5, bisa anda dapatkan disini. Tapi terkadang para penikmat teknologi google juga bisa mengetahui secara umum tentang perkembangan teknologi google serta peluang bisnis yang kita bisa manfaatkan dengan menggunakan fasilitas dari google dan lagi-lagi GRATISSS...!!! Cuma mungkin bagi beberapa orang yang bermasalah dengan bahasa Inggrisnya bisa roaming sendiri, buat yang stengah-stengah juga sih, soalnya ga ada file *srt-nya, alias ga ada subtitlenya.

Para speaker yang dalam hal ini mereka menyebut diri mereka dengan, Google Evangelist, juga cukup berkompeten dalam bidang yang mereka presentasikan. Walaupun ada sih beberapa yang bikin sedikit ngantuk (dan sepertinya mereka sadar dengan hal itu, dan menyediakan kopi dalam jumlah banyak di depan pintu masuk), tapi sebagian besar cukup menarik untuk disimak. Sebagai contoh, speaker favorit gw Timothy Jordan (bisa anda follow di @timothyjordan untuk twitter, dan Timothy Jordan di GoogleBuzz), membawakan materi dengan sangat menarik dan interaktif.

With Timothy Jordan, My Google Favorit Speaker

Setelah beberapa sesi resmi, menjelang sore hari ada sesi “office hour” dimana kita bisa langsung sharing dengan mereka face-to-face. Hoki lagi yang sharing dengan speaker favorit gw ini cuma dikid, jadi bisa lebih banyak nanya tentang GoogleBuzz dan perkembangannya (yang ternyata baru gw taw juga kalo lebih powerfull dari twitter), ampe dengan cerita-cerita soal kerja di Google, dalam hal ini Google Ostrali. Cerita mereka yang sangat betah di kantor, suasana kekeluargaan, serta enjoy banget dengan kerjaan bikin gw makin tertarik buat gabung di Google. Ya mungkin untuk awal, kita gabung aja kali ya di komunitas GTUG (Google Technology User Groups) Indonesia.


PascaBlog:
1. Google DevFest 2010 rock...!!
2. Sumpah jadi makin pengen gabung dengan Google.
3. Dokumentasi parah, ntar diganti deh kalo dah bagusan, maklum masih pake hello moto, skalian ngumpulin buat dana Android, ahue XD

1 comment:

buxer said...

Salam kenal Roy. Apa kabar.

Saya sudah melewatkan event ini, saya ga dapat tempat mas. Pasti seru kali ya.

So, apakah ada video official yang dipresentasikan oleh Google. Kalau ada tolong di share mas via email, buat posting di blog saya. http://indonesianforum.org

Terimakasih